04 December 2013

Kuliner : Tahu Gimbal Semarang vs Tahu Tek Surabaya

Tahu gimbal ala semarang versus Tahu tek dari surabaya..?
Hmmm enakan mana ya..?
Oke akan saya beri gambaran dari masing-masing makanan khas kesukaan saya yang satu ini.

*Tahu Gimbal.
Makan yang konon dikenal diwilayah jawatengah khusus-nya kota Semarang dan sekitarnya ini sungguh lezat dan nikmat banget braow ^_^ jika dimakan sambil duduk-duduk di pinggir jalan, xixixixi.. Hal ini melekat timbul pandangan seperti itu karena secara umum makanan murah nan Enak enak tersebut kebanyakan dijual di warung-warung pinggir jalanan kota semarang. Tapiiii rasanyaaaa brawwwww sungguh luar biasa menendang lidah, kalau ga percaya dicoba aja dechhh..

*Tahu Tek.
Makanan ini saya kenal dan memulai menyantabnya pada saat awal mula saya berdomisili di Surabaya atas dasar tuntutan pekerjaan yang mana kantor tempat saya bekerja menempatkan diriku di kota Surabaya.
Masih melekat diingatan saya saat itu tiap kali abang penjual Tahu Tek yang biasa lewat didepan rumah kontrakan sambil memukul-mukul alat penggorengan (wajan) pertanda memberi tanda kepada calon pembelinya sambil meliuk-liuk mendorong gerobak rombongnya yang sederhana. Tapi jangan salah Braww rasanya sungguh sungguh amat melekat dilidah ketika bumbu kacang yang bercampur dengan petis lokal ala surabaya itu.

Kesamaan dari kedua makanan tersebut sama-sama berbahan dasar tahu yang pasti braw ^_^ xixixi,, tapi yang membedakan diantaranya dari segi variasi bumbu yang mana didalam racikan bumbu tubruk/uleg tahu Tek terdapat petis-nya , itu dia yang membuat diriku berat memilih tahu tek yang lebih nikmat xixixi.. Karena tahu TEK bumbunya lebih kental dan ngleket coy ^_^,, ga percaya lagi..? silahkan coba sendiri ah.. hahaha..

Bumbu-bumbu dasar yang digunakan untuk membuat kedua resep makanan tersebut diantaranya: ada cabe (rawit dan merah panjang), bawang putih, garam, sedikit penyedap rasa (micin), sedikit gula pasir jika diperlukan, kacang tanah goreng ditumbuk. Sedangkan bahan-makanan atau sayuran yang diperlukan diantaranya adalah Tahu, Telur (opsional), jeruk pecel/purut, Kol/kubis, gorengan bawang merah kriting jika ada brow ^_^ biar sedap..

Selamat mencoba dan menikmati,,

Kategori yang lain :

No comments:

Post a Comment

 
template minima edited by : ekhan